Pengartian Gerhana Matahari Dan Proses Terjadinya

Bagamana pengertian gerhana matahari dan proses terjadinya gerhana matahari? Admin akan menjawab pertanyaan tersebut secara ringkas dan jelas. Gerhana matahari adalah peristiwa matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu gari lurus. Bulan berada diantara matahari dan bumi. Cahaya matahari terhalang oleh bulan baik itu terhalang sebagaian ataupun terhalang keseluruhan. 
proses terjadinya gerhana matahari
proses terjadinya gerhana matahari
gerhana matahari cincin
gerhana matahari cincin

gerhana matahari total
gerhana matahari total

gerhana matahari sebagian
gerhana matahari sebagain
Menurut ahli astronomi, gerhana matahari adalah jatuhnya bayang-bayang bulan ke bumi karena terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan. Terjadinya gerhana matahari ini tidak berlangsung lama. Ada yang hanya 3 menit sampai 7 menit. Mengapa bulan yang kecil dapat menutupi cahaya matahari yang besar? Karena jarak bulan lebih dekat dengan bumi yaitu 384.400 km. Sedangkan jarak ke matahari adalah 149.680.000 km. Gerhana matahari dibagi menjadi empat macam yaitu:
class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: 6.0pt; text-align: justify;"> 1. Gerhana bulan total;
Gerhana ini terjadi saat cahaya matahari tertutupi seluruhnya oleh bulan. Pada jarak tertentu inilah yang menentukan terjadinya gerhana matahari total.
2. Gerhana matahari sebagian;
Gerhana matahari yang terjadi saat cahaya matahari tertutupi sebagian oleh bulan.
3. Gerhana matahari cincin;
Gerhana ini terjadi jika ukuran piringan bulan lebih kecil dari ukuran piringan matahari. Pada bagian tengah matahari gelap. Dan pinggirannya berbentuk cahaya sehingga seperti cincin yang bersinar.
4. Gerhana matahari hibrida;
Gerhana matahari ini terjadi saat bergeser antara gerhana matahari cincin dan total. Pada wilayah negara lain, gerhana matahari ini bisa berbentuk cincin. Sedangkan pada bagian negera lain gerhana matahari terlihat berbentuk total.
Kesimpulan dari berbagai peristiwa gerhana matahari baik itu total sampai ke hibrida adalah tergantung jaraknya. Saat bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dan jarak bulan pada saat itu jauh dari bumi, maka akan terjadi gerhana matahari total. Jika letak bulan saat itu dekat dengan bumi dapat terjadi gerhana matahari cincin, sebagaian, dan hibrida.
 Cara aman melihat gerhana matahari.
Bagaimana jika kita melihat gerhana matahari secara langsung tanpa memakai alat? Menurut wikipedia, hal tersebut akan membuat retina kita akan rusak bahkan bisa rusak permanen sehingga dapat mengamali kebutaan. Mengapa demikian? Karena terjadi radiasi yang tinggi namun tidak kelihatan oleh mata kita. Kita bisa menikmati gerhana matahari dengan cara memanfaakan cermin. Caranya, kita memasang cermin pada tanah saat terjadi gerhana. Kemudian kita melihat gerhana pada cermin tersebut. Mudah bukan?

0 Response to "Pengartian Gerhana Matahari Dan Proses Terjadinya"

Posting Komentar

Welcome to CB Network

Contoh Login Form Blogspot

Ini demo atau contoh Kotak Login dan Register Form. Login Form di samping ini hanya contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB karena blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya silakan Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!